Benchmarking Tim Rumah Jurnal Iain Lhokseumawe ke Pulau Jawa

Arpenta | Seiring dengan perkembangan zaman, kualitas jurnal menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah lembaga pendidikan tinggi. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas jurnal adalah dengan melakukan benchmarking, yaitu suatu proses membandingkan kinerja lembaga kita dengan lembaga lain yang memiliki kinerja baik. Oleh karena itu, IAIN Lhokseumawe melakukan kegiatan benchmarking dengan mengunjungi lembaga-lembaga di luar Aceh yang telah dikenal memiliki jurnal terkelola secara baik dan terindeks SINTA. 


Dalam kegiatan ini, Plt. Ketua LPPM IAIN Lhokseumawe, Dr. Said Alwi, M.A. menugaskan para pengelola Jurnal terakreditasi SINTA dan Pengurus Rumah Jurnal IAIN Lhokseumawe untuk melakukan studi banding ke Sekolah Vokasional UGM Yogyakarta, Kantor Relawan Jurnal Indonesia Yogyakarta, dan UIN Raden Mas Said Surakarta pada 6 s/d 8 September 2022. Program ini tentunya terlaksana setelah mendapat dukungan penuh dari Dr. Danial, M.Ag. selaku Rektor IAIN Lhokseumawe.

Sharing dan Diskusi dengan Pengelola Rumah Jurnal Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta yang membawahi 22 Jurnal Ilmiah

Pelaksanaan kegiatan studi banding dalam rangka penguatan, pengembangan, dan peningkatan kompetensi pengelola rumah jurnal yang diwakili oleh para Editor in Chief jurnal terakreditasi, yaitu: 1) Dr. Muhammad Anggung, M.Pd.I., Editor in Chief Jurnal Idarah (Sinta 4), 2) Dr. Agus Salim Salabi, M.A., Editor in Chief Jurnal ITQAN (Sinta 5), 3) Angga Syahputra, M.E.I., Editor in Chief Jurnal JESKape (Sinta 5), 4) Trie Nadilla, M.Si, Ak,CA., Editor in Chief Jurnal JIScan (Sinta 5), dan Muhammad Ilham, M.I.T., Penanggung Jawab IT OJS Rumah Jurnal.


Tim benchmarking mengadakan kunjungan ke berbagai lembaga dan melakukan wawancara dengan para pengelola jurnal untuk mempelajari praktik terbaik yang dapat diterapkan di IAIN Lhokseumawe. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh IAIN Lhokseumawe sehingga dapat lebih diakui secara nasional dan internasional. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memperluas jaringan kerja sama dengan lembaga-lembaga di luar Aceh yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam mengelola jurnal terindeks SINTA.

Diskusi dan Evaluasi Jurnal IAIN Lhokseumawe oleh Tim Jurnal UIN Surakarta 

“Dalam pelaksanaan kegiatan benchmarking ini, para pengelola jurnal dan pengurus Rumah Jurnal IAIN Lhokseumawe banyak mendapat informasi terkait pengelolaan jurnal yang efektif dari lembaga lain yang dikunjungi. sehingga banyak manfaat yang didapat bagi perkembangan jurnal Kampus kami. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini”, ujar Anggung selaku ketua Tim Benchmarking. (arpenta.aby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar